Database

Diposting oleh infoku | 12.18

  • Data adalah fakta mengenai objek, orang, dan lain-lain. Bersifat atomik.
  • Sedangkan Informasi adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data.
  • Basis data adalah kumpulan data, yang dapat digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi.
  • Basis data (database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan data (informasi) yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan software untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Software yang sering untuk mengelola basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi dimana tujuannya adalah untuk menyimpan data, mengakses data, dan mengubah data sesuai dengan permintaan.

Didalam database,data disimpan dalam bentuk tabel,sebagai contohnya data yang disimpan didalam Ms Axcel,SQL Server 2000,SQL Server 2005,My SQL,Oracle dan lain-lain.

Sistem database dikelompokkan menjadi:

  1. Data
    Merupakan informasi yang disimpan dalam suatu stuktur tertentu,yang terintegrasi.

  2. Hardware
    Merupakan perangkat keras yang berupa komputer dengan media penyimpanan sekunder yang digunakan untuk menyimpan data karena data base biasanya memiliki ukuran yang sangat besar.

  3. Software
    merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan database. Perangkat lunak ini sering disebut sebagai Database Managemen System(DBMS)

  4. User
    Merupakan pengguna data yang tersimpan atau yang terkelola. user dapat seorang yang mengelola database tersebut(Database Administrator) atau end user yang mengambil hasil dari pengelolaan database melalui bahasa Query. User juga dapat seorang programer yang membangun aplikasi yang terhubung dalam database dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti C,Visual Basic,Java

Learn more The Data Warehouse Toolkit: The Complete Guide to Dimensional Modeling (Second Edition)

0 komentar